Materi 2 - Penggolongan Komputer

Hai semua...

Untuk post ini kita bakal sedikit mengulas penggolongan komputer. Apakah readers tau berdasarkan apa saja komputer itu digolongkan dan berapa jumlahnya? Jika belum tau, yuk kita bahas.....

Jadi readers, komputer itu dapat kit golongkan menjadi 4, yaitu sebagai berikut :

- Berdasarkan data yang diolah
  a. Analog ( Physical data like temperatue, pressure, speed, voltage, depth, light, etc )
  b. Digital  ( Alphanumeric, image, sound, video )
  c. Hybrid ( Both analog and digital ) >> pompa minyak dapat mengukur kuantitas dan harga,                    sistem radar

- Berdasarkan penggunaanya
  a. General purpose ( micro computer ) adalah suatu komputer yang dapat digunakan untuk                      menyelesaikan berbagai variasi pekerjaan. Komputer ini adalah komputer yang biasa kita                     temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk               mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain                     sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.

  b. Special purpose adalah komputer yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau aplikasi         tertentu. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb, mesin kasir.

- Berdasarkan ukurannya
  a. Super computer ( computer farm ) adalah jenis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan        masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Supercomputer ini memang                       sangat jarang bisa kita temui atau bahkan kita belum pernah melihatnya sekalipun. Hal ini                    dikarenakan harga supercomputer ini relatif sangat mahal. Biasanya supercomputer ini                           digunakan di pemerintahan, universitas besar dan perusahaan besar. Supercomputer banyak               diaplikasikan untuk penelitian seperti peramalan cuaca, Simulasi Uji Nuklir, Simulasi Neuron               buatan, dan masih banyak lagi. Supercomputer ini juga bisa berfungsi sebagai server. Komputer         ini bisa mengkonsumsi listrik sebesar 4,04 Megawatt listrik. Sebagian besar supercomputer                 modern saat ini menggunakan sistem operasi LINUX.

  b. Mainframe adalah jenis komputer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna                                 memerlukan akses untuk menjalankan program, dasn memakai data secara bersama-sama.                    Biasanya Komputer jenis ini banyak digunakan sebagai server e-commerce yang melayani                    transaksi melalui internet.

  c. Server

  d. Workstation

  e. Mini computer
      Komputer jenis ini ukurannya lebih kecil dari computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis          microcomputer. Biasanya, memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini biasanya digunakan            sebagai server jaringan komputer atau server internet.

  f. Micro computer
     Jenis komputer pribadi yang digunakan oleh satu orang yang kinerjanya tergantung dengan                 kebutuhan. Jenis komputer ini diantaranya PC dan LAPTOP.

- Berdasarkan skala komputernya
  a. Small scale computer
  b. Medium scale computer
  c. Large scale computer

sumber :
http://www.academia.edu/30567186/Bab_5-Penggolongan_Komputer.ppt
http://zaelanimursid.blogspot.com/2012/01/penggolongan-computer.html
http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/penggolongan-komputer-berdasarkan-data.html
ppt dari dosen pengakom kampus saya

Komentar